Selasa, 11 Februari 2014

Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan sistemyang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya,berkomunikasi dn akses informasi dari berbagai tempat. Antar komputer yang satu dengan komputer yang lain.

Internet dan Intranet 

1. Internet Internet adalah sebuah jaringan komputer (interkoneksi) dari milyaran komputer tanpa ada batasan teritorial atau kumpulan suatu jaringan internasional dalam LAN (Local Area Network).
2. Intranet Intranet merupakan sebuah jaringan privat atau khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet dalam LAN (Local Area Network).
Berdasarkan luas area cakupan jaringan, yaitu: · LAN (Local Area Network) - memiliki area terbatas;· MAN (Metropolitan Area Network) - mencakup puluhan ribu kilometer;· WAN (Wide Area Network) - mencakup antar pulau atau negara.
Media yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer, seperti:  

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

1. Membagi sumber daya, misalnya membagi Printer, CPU, Memori, atau Harddisk
2. Sebagai komunikasi, misalnya Chatting, E-mail
3. Mengakses informasi, misalnya Web Browsing. 

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

2. Jaringan Nirkabel (Wi-Fi) 

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektomagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Tujuan dari jaringan komputer, antara lain: 
1. Membagi sumber daya, misalnya membagi Printer, CPU, Memori, atau Harddisk.
2. Sebagai komunikasi, misalnya ChattingE-mail3. Mengakses informasi, misalnya Web Browsing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar