Selasa, 11 Februari 2014

Karya Ilmiah tentang Kantin Sekolah


KARYA ILMIAH










Yang membahas tentang
Peranan Pengolahan Kantin Terhadap  Kesehatan Siswa SMPN 45 Surabaya Tahun Sekarang
Disusun oleh:
Ovilia Rosa Saputri

Kelas IX-E




Kata Pengantar
          Puji syukur kita panjatkan ke-hadirat allah Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-nyalah, Karya ilmiah ini dapat terselaisakan dengan baik dengan judul “Peranan Pengolahan Kantin Terhadap  Kesehatan Siswa SMPN 45 Surabaya Tahun Sekarang”  ini . Dengan membuat tugas ini saya harapkan, penjual makanan di kantin maupun di luar kantin tidak ada yang membuat kecurangan maksudnya, tidak ada yang membuat atau memakai bahan campuran yang tidak baik di konsumsi oleh tubuh kita.
          Saya sadar,  bagi seorang pelajar yang masih dalam proses pelajaran, proses penulisan ini masih banyak kekurangannya. Tetapi walaupun demikian kami telah berusaha sebisa mungkin menyelesaikan karya ilmiah meskipun tersusun sangat sederhana.
          Harapan saya, karya tulis ilmiah yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Surabaya, Februari 2014


Penulis








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................ i
DAFTAR ISI.................................................................................................... ii

Bab 1 Pendahuluan ....................................................................................... 1   1
1.1            Latar Belakang............................................................................ 1
1.2             Rumusan permasalahan............................................................. 1
1.3            Tujuan penulisan .......................................................................  1
Bab 2 Pembahasan isi.................................................................................... 2
Bab 3 Penutup................................................................................................ 3
1.1             Kesimpulan................................................................................. 3
1.2            Saran........................................................................................... 3
Daftar Pustaka................................................................................................ 4






BAB I
PENDAHULUAN

   A.    Latar Belakang
Sebagaimana kita sadari kehadiran kantin sekolah sangat dibutuhkan oleh para siswa. Dan juga pentingnya menjaga kesehatan siswa dari unsur makanan yang di konsumsi siswa. Banyak di antara siswa yang tidak sempat makan di rumah, dan akhirnya mereka makan di sekolah. Dengan meneliti adanya kantin sekolah ini, saya dapat mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan kantin sekolah. Di kantin kita juga dapat berkumpul sambil membahas tentang masalah yang kita miliki.

  B.   Rumusan Permasalahan
1.      Apakah, jenis makanan dan minuman yang dijual di kantin sekolah tidak semuanya bersih dan sehat untuk sikonsumsi ?
2.      Kantin sekolah SMP Negeri 45 tempatnya kurang bersih saat istirahat dimulai, karena masih banyak sampah-sampah yang berserakan ?
3.      Apa bahaya makanan yang mengandung 5P (Pewarna, Penyedap, Pemanis, Pengawet, Perasa) ?

  C.   Tujuan Penulisan
Kantin adalah tempat untuk membeli makanan, minuman, / jajanan bagi siswa yang mengkontribusi terhadap kesehatan siswa. Dan tujuan penulisan ini, yaitu:
1.      Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
2.      Agar  semua siswa dapat mengetahui jenis-jenis makanan, dan minuman yang bersih dan higienis dan sehat untuk dikonsumsi.
3.      Agar para penjual di kantin sekolahpun juga bisa menjual makanan, dan minuman yang lebih bermutu. Sehingga kantin sekolah SMP Negeri 45 juga lebih maju, karena tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.
4.      Untuk mengetahui bahaya makanan yang mengandung 5P.



BAB II
Pembahasan Isi
1.      Ternyata makanan dan minuman yang ada di kantin sekolah masih ada yang kurang sehat untuk di konsumsi. Seharusnya para penjual, menjual makanan dan minuman yang bersih, higenis dan sehat untuk dikonsumsi. Dan makanan yang di jual di kantin harus sehat, terhindar dari Pewarna, Penyedap , Pengawet , dan Perasa. Oleh karena itu, saya berharap mulai sekarang para penjual kantin sekolah harus bisa menjual makanan dan minuman yang lebih bermutu dan baik untuk dikonsumsi.

2.      Keadaan kantin sekolah kurang terjaga kebersihannya, karena waktu istirahat di mulai, selalu ada sampah-sampah yang berserakan, dan saya ingin semua warga sekolah terutama para siswa dapat membiasakan hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Agar kebersihan sekolah selalu terjaga dan tercipta  lingkungan yang bersih dan nyaman, dan jika sekolah kita bersih dan nyaman, kita bisa mengharumkan nama baik sekolah kita tercinta SMP Negeri 45 Surabaya.


3.      Makanan yang mengandung 5P ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung 5P beragam seperti saus, penyedap makanan,  mie instan, minuman bersoda, dan masih banyak lainnya. Dampak jika kita memakan makanan, minuman, dan camilan yang mengandung 5P tidak dirasakan secara langsung. Mungkin sebagian orang merasakan secara langsung. Misalnya mual, pusing  tapi kebanyakan dirasakan dalam jangka panjang. Seperti kerusakan organ paru-paru, hati, ginjal, dan bisa menimbulkan tumor dan kanker.









BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kehadiran kantin di sekolah sangatlah dibutuhkan oleh para siswa. Dan pentingnya menjaga kesehatan dari unsur makanan yang dikonsumsi. Dan juga ternyata makanan, dan minuman yang ada di kantin sekolah masih ada yang kurang sehat untuk dikonsumsi.
Keadaan kantin sekolah kurang terjaga kebersihannya, karena waktu istirahat di mulai, selalu ada sampah-sampah yang berserakan. Kebanyakan siswa masih berlaku acuh tak acuh terhadap lingkungan sekolah.
Makanan yang mengandung 5P ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Jenis makanan yang mengandung 5P beragam seperti saus, penyedap makanan,  mie instan, minuman bersoda, dan masih banyak lainnya.

Saran
·        Seharusnya peraturan yang dulu dilaksanakan kembali, yaitu peraturan yang membawa tempat makan dan tempat minuman sendiri dan dilarang menggunakan plastik.
·        Seharusnya kita bisa hidup dengan bersih, dengan cara membuang sampah pada tempatnya.
·        Kita harus memilih makanan yang akan terbebas dari 5P dan membiasakan diri mongonsumsi makanan-makanan yang bergizi.
·        Menindak sanksi yang tegas bagi siswa dan siswi yang mengotori lingkungan sekolah.





DAFTAR PUSAKA
Rosa, Ovilia. 2014. Peranan Pengolahan Kantin Terhadap Kesehatan Siswa SMPN 45 Surabaya Tahun Sekarang. Surabaya:SMPN 45 SBY

7 komentar: